Senin, 20 Juli 2009

BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK

بســـــــم الله الرحمن الرحيـم
BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Pulau lombok merupakan sebagian kecil anugarah dari Allah swt yang dilimpahkan bukan hanya kepada penduduk pulau Lombok tapi juga penduduk dari republic Indonesia maupun penduduk seluruh dunia karna banyak sekali Sesuatu yang orang dapatkan dipulau Lombok tidak mereka dapat ditempat mereka atau ditempat lain.
Pulau Lombok yang terkenal dengan pulau seribu masjid,yang teletak di wilayah Indonesia bagian timur yang juga berdekatan dengan salah satu pilau wisata yang sangat terkenal diseluruh dunia yaitu pulau Bali yang tidak saja ramai dengan masjid dan kekentalan agamanya saja tetapi dengan kekuasaan Allah swt pulau Lombok mangandung sumber daya alam,dan sumber daya manusia yang sangat besar yang membuat banyak orang terkagum-kagum.
Penalitian sebelumnya menyatakan terdapat banyak tempat eksotis yang masih asri yang ditemukan dibagian utara sampai bagian selatan pulau Lombok seperti gili manuk, gili air,gili meno dan gili lampu yang terletak bagian utara, jauh melahkah kebagian selatan akan didominasi oleh keindahan pantai yang berompak besar dan berpasir putih sepert pantai Kuta, tanjung An, Pantai seger dan Pantai Selong Belanak dan lain lain.
Keindahan pulau Lombok adalah bagian kecil dari daya tarik pulau Lombok tersebut tetapi salah satu hal yang paling penting adalah kebudayaan masyarakat Lombok yang sangat unik yang dapat kita temukan seperti acara adat Bau Nyale, Nyongkolan, presean , Ngapong dan banyak lagi yang tidak dapat diuraikan secara panjang lebar.
Tetapi tidak cukup suatu tempat dikatakan baik tanpa ada hasil bumi yang dikandungnya, hasil bumi inilah indicator kemajuan suatu daerah yang ditunjang oleh sumber daya manusia yang terampil.
Hasil kekayaan baik berupa hasil tambang, flora dan fauna yang harus kita ketahui adalah Permata, emas, dan dari Flora, Faunanya seperti pohon durian yang menghasilkan buah yang tidak bersekat dan juga kita bisa menemukan kobra putih yang hanya kita temukan dipulau Lombok.
Dari kekayaan alam dan budaya di pulau Lombok akan menjadi nilai positif bagi orang-orang dari seluruh penjuru dunia untuk datang dengan berbagai macam tujuan karna sudah menjadi suatu kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka baik lahir maupun batin.
Perkembangan sains dan teknologi yang sangat pesat adalah salah satu penunjang bagi setiap orang untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka tersebut yang melampoi ramalan masa depan pulau Lombok.
Untuk dapat merealisasikan keinginan mereka untuk dapat datang ke pulau Lombok dengan mudah hanya satu yang akan terpikirkan, yaitu Alat Transportasi baik Darat, Laut Maupun udara. Dari ketiga macam alat transportasi yang memiliki keefektifan waktu tempuh dan harga adalah transportasi Udara yang sering kita jumpai adalah Pesawat, dan helicopter. Keefektifan tersebut tidak mungkin akan terjadi bila alat transportasi Udara tidak memiliki landasan pacu atau yang sering kita sebut Bandar udara dimana tempal pesawat-pesawat tersebut berlabuh.
Perkembangan zaman membuat pulau Lombok tidak dapat menolak teknologi tersebut untuk digunakan karna untuk perkembangan dan kemajuan SDA dan SDM masyakat Lombok dari segala bidang jadi Bandara udara udara ini harus ada untuk kelancaran transportasi maka tahun 2007 adalah awal dari pembangunan Bandara International Lombok Baru yang diklaim selaesai pada tahun 2010. Dari pembangunanan tersebut banyak pendapat dari setiap kalangan masyarakat masyarakat yang menghasilkan masyarakat yang pro dan kontra terhadap pembangunan Bandara International Lombok Baru sehingga terjadi perselisihan dan sering terjadi bentrok antara warga maupun aparat kepolisian. Perselisihan tersebut kebanyakan muncul dari pihak yang kontra pembangunan Bandara international Lombok Baru karna mereka masih mengklaim memiliki tanah yang dijadikan lahan pertanian yang dibeli pada masa pemerintahan soeharto yang menurut mereka tidak sesuai dan terjadi intimidasi pada masyarakat sehingga tidak ada pengakuan dari masyarakat bahwa lahan tersebut milik pemerintah sekarang tempat dibangun bandara udara masih milik mereka sehingga sering terjadi pemaksaan oleh aparat kepolisian kepada warga untuk tidak menggarap lahan tersebut dengan paksa yang meyebabkan bentrok yang menimbulkan korban luka bacok dan tembak diantara keduanya. Semantara masalah dengan waraga yang pro karna keinginan warga tersebut untuk lebih maju dan ada juga masyarakat yang dibayar oleh Bupati Lombok tengah untuk melawan masyarakat yang kontra dengan cara diadu antara keduanya dan kejadian ini juga terjadi diMakasar Sulewesi Selatan.
Masalah status kepemilikan tanah setelah pemerintah memberikan uang tambahan pembayaran tanah tersebut yang dikira tidak sesuai ketika pada masa pemerintahan soeharto kepada warga yang kontra dan mulai memproklamirmirkan tentang kemajuan dan perkembangan Pulau Lombok terlebih Lombok Tengah. Tapi semua orang tidak akan mengetahui kemajuan dan perkembangan semacam apa yang akan terjadi apakah sesuai dengan agama, ahlak, dan nilai kemanusian yang sesuai dengan syariat dan dirhidoi allah.
Dari kemungkinan yang terjadi dari zaman yang kebanyakan menggunakan system hidup, maupun system kenegaraan yang menggunakan system Sekuler (pemisahan agama dengan Negara ) serta pandangan manusia berhak membuat aturan hidup sendiri (Demokrasi) kemungkinan besar masyarakat Lombok berada dalam ancaman dari dampak yang sangat buruk terjadi dari adanya pembangunan Bandara Internatinal Lombok dari segala segi seperti Ekonomi,social budaya dan Ekolosistem yang ada dan keuntungan hanya diperoleh orang-orang tertentu seperti kasus-kasus yang telah terjadi ditempat yang sudah ada seperti Bali, Makasar, Jakarta, Surabaya dan lain lain.


2 . TUJUAN
1. Kesempatan yang diberikan oleh Allah tidak lain untuk mengetahui tujuan dibentuknya Bandara Udara yang sangat besar dan menghubungkan Pulau Lombok keseluruh negeri dari segala penjuru dunia?.
2. Mengubah persepsi masyarakat tentang harus adanya kesadaran keseimbangan dari segi Ekonomi, Sosial Budaya, dan Ekologi dengan berpatokan pada agama Allah Al-Quran dan sunah. ?
3. Mengetahui perubahan seperti apa yang akan ada dan bagaimana dampaknya pada Perekonomian, Sosial Budaya, dan Ekologi? Baik atau buruk?.
4. Mengambil langkah antisipasi untuk kemungkinan buruk yang akan terjadi dan merumuskan solusi untuk kebaikan masa depan Pulau Lombok.
3 . RUMUSAN MASALAH
Bagaima prediksi masa depan Pulau Lombok dengan pembangunan Bandara International Lombok Baru?.
4 . MANFAAT PENULISAN
1. Sebagai jalan penyadararan masayarakat dan mengubak persepsi masyarakat tentang kemajuan saat ini.
2. Masukan bagi pemerintah untuk membuat perundangan yang sesuai dengan syarit dan hukum yang diturunkan Allah swt.
3. Sebagai sarana dakwah untuk membentuk kepedulian terhadap lingkungan, social, dan hubungan dengan sang maha pencipta.

5 . METODE PENELITIAN
Penelitian ini dibuat melalui metode wawancara masyarakat, telaah pustaka, browsing internet dan jurnal penelitian. Pelaksanaan penelitian dan observasi dilakukan mulai tanggal 24 mei di desa Tanak awu kecamatan Pujut, Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat yang merupakan lokasi dari pembangunan Bandara Internasional Lombok Baru.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
1. Profil Lombok
Lombok yang dikenal dengan pulau seribu Masjid yang mayoritas penduduknya beragama islam yang jumlah penduduknya yang saat ini telah terdata dari hasil sensus penduduk (SP) Tahun 2000 jumlah penduduk Kabupaten Lombok Barat sebanyak 670.102 Jiwa dengan laju pertumbuhan rata-rata per tahun sebesar 1,37 %, sedangkan perkembangan jumlah penduduk Kabuapten Lombok Barat berdasarkan sesunas pada Tahun 2005 sebanyak 743484 jiwa yang terdiri dari 359.506 jiwa penduduk laki-laki dan 383.978 jiwa wanita dengan laju pertumbuhan rata-rata per tahun 2,10 %. Sementara itu laju pertumbuhan penduduk masing – masing kecamatan dalam kurung waktu tahun 2000 – 2005.
Persebaran penduduk yang tidak merata berdampak terhadap perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan. Ketidak merataan ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, keadaan geografis, letak pusat pemerintahan dan perekonomian, pusat pendidikan, penyediaan lapangan pekerjaan yang merupakan daya bagi terjadinya mobolitas penduduk. Berdasarkan tabel 11 dan tabel 12 dibawah ini dapat dilihat perkembangan penduduk Kabupaten Lombok Barat, persebaran dan kepadatannya




Dari data tabel diatas bahwa Kecamatan yang masih jarang penduduknya adakah Kecamatan Bayan yaitu jumlah penduduknya 42.515 jiwa dengan tingkat kepadatan 127,29 jiwa per Km2, dan luas wilayah 329,10 Km2, sedangkan Kecamatan yang terpadat penduduknya adalah Kecamatan Kediri yaitu jumlah 52.673 jiwa dengan tingkat kepadatan 2.150,48 jiwa per Km2 dan luas wilayah 21,64 Km2. Dari data tersebut lebih menjelaskan gambaran mengenai perbandingan luas wilayah dengan sumber daya manusia yang diharapkan dapat mengelola sumber daya alam yang ada didaerah masing-masing


Dari hasil pendataan jumlah penduduk yang dilakukan pemerintah, kecamatan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak adalah Kecamatan Narmada yaitu: 82.796 jiwa atau 11 % dan jumlah penduduk Lombok Barat, sedangkan Kecamatan yang mamiliki jumlah penduduk yang paling sedikit adalah Kecamatan Pemenang yaitu: 29.892 jiwa atau 4 % dari jumlah penduduk Lombok Barat. Dari tabel diatas tersebut menunjukan bahwa setiap tahun penduduk Lombok terus bertambah dan penyebaran yang tidak merata.

Pertambahan penduduk dan penyebaran yang tidak marata tersebut juga akan berdampak terhadap kebutuhan akan biaya, hidup yang akan terus bertambah pada suatu daerah akan diteruskan kebutuhan lahan pekerjaan yang banyak , lahan tempat tinggal, pendidikan dan sarana kesehatan yang banyak dan berkualitas.Tetapi itu semua tidak akan dapat tercapai bila tidak ada pengembangan SDA dan SDM pada suatu wilayah jadi untuk pengembangan tersebu dibutuhkan sarana infomasi dan sarana transportasi yang memadai baik darat, laut dan udara. Setiap kebutuhan penduduk ini terus menghantui pikiran mereka, bagaimana mereka akan memenuhi setiap kebutuhan mereka tersebut sementara skill dalam bidang penggunaan teknologi, pendidikan masih sangat minim dimiliki oleh setiap masyarak untuk dapat terus mengejar ketinggalan mereka dari penduduk Negara lain yang kualitas hidupnya sangat tinggi.

Untuk mendapatkan suatu kualitas hidup, masyarakat Lombok memiliki peluang emas yang sangat jarang didapatkan di daerah lain dan merupakan awal yang baik bagi suatu kemajuan kualitas hidup masyarakat Lombok, yaitu penawaran pembangunan sarana transportasi dari negara, pemerintah daerah dan dukungan dari banyak Negara asing. Dari banyak sarana transportasi yang ditawarkan pemerintah yang sekarang telah mulai dibangun yang salah satu menjadi pembicararaan masyarakat dan pemberitaan disetiap media adalah transortasi udara.
Transportasi udara selalu menjadi pokok pembicaraan yang sangat menarik dikarnakan membutuhkan biaya yang sangat besar, lahan yang luas dan tenaga kerja yang memiliki skill yang baik. Disini pembahasan tentang sarana informasi tidak akan dibahas karna sarana informasi pulau Lombok sangat memadai dan baik.
Jadi dapat kita ambil salah satu solusi untuk perubahan kualitas hidup penduduk Lombok adalah pembangunan sarana transportasi udara dan pemerintah telah menjawabnya dengan banyak dukungan dari semua pihak yaitu pembangunan Bandara Internasional Lombok yang merupakan awal dibangunnya banyak fasilitas lain yang akan terus mendukung penduduk Lombok untuk terus maju untuk mendapatkan penghidupan yang layak dari semua sisi kehidupan agar tidak terus terjajah oleh politik tipu daya yang dilakukan orang-orang kapitalis dan sekuler. Penduduk sangat berharap berharap besar atas dibangunnya bandara yang berstandar internasional karana dari sinilah penduduk Lombok akan mulai beberbaur denagan penduduk dari penduduk dari segala penjuru dunia agar dapat belajar apa arti hidup, dan belajar makana dari kebaikan yang diberikan Allah dari banyaknya tingkah laku yang dilakukan oleh setiap orang diseluruh dunia dari semua sisi kehidupan. Dari sini kita akan dapat memperediksi bahwa pulau Lombok dan masyarakat akan mengalami kemajuan yang sangat pesat kualitas hidup mereka meskipun banyak kendala yang akan dialami karna setiap kemajuan (modernisasi) tidak akan selalu menghasilkan dampak positif tetapi juga akan berdampak negative.

2. Profile Bandara Internasinal Lombok Baru

Nilai proyek pengembangan yang terbentang di lahan seluas 1,200 hectare tersebut, adalah AED 2.2 miliar (US$600 juta; IDR 5446 miliar). Dengan disaksikan oleh wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil dari Emaar Properties Mr. Mohamed Ali Alabbar menandatangani Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Mr. Muhammad Syahrial, President Director dari Perusahaan Pengelola Aset (PPA).
Pembangunan bandara Lombok menelan biaya sekitar Rp. 665 Miliar dimana konstribusi pendanaan berasal dari tiga pihak yakni pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat sekitar Rp. 110 Miliar, pemda Lombok Tengah Rp. 40 Miliar yang di anggarkan dalam APBD secara bertahap mulai 2007 sampai 2009, serta AP 1 Rp. 515 milliar.
Pembangunan bandara Internasional Lombok Baru di Tanak Awu dilakukan karena bandara Selaparang sulit dikembangkan karena akibat terbatasnya lahan, dan pesawat berbadan lebar sulit mendarat.
Selain itu, pertumbuhan penumpang yang terus meningkat hingga 900.000 per tahun harus menjadi perhatian serius pengelola bandara dengan mencari lokasi bandara baru guna memberikan kenyamanan dan jaminan keselamatan kepada pengguna jasa .
Bandara itu dibangun pada lahan seluas 538 hektare yang ditargetkan selesai pada 2009 mendatang bersamaan. Bandara baru ini didesain untuk kapasitas 1,5 juta penumpang yang akan menghubungkan ke 5 benua didunia dan juga akan mempermudah jamaah haji Lombok untuk pergi menunaikan ibadah haji tanpa harus melewati Jakarta yang harus menunggu lama yang akan menghabiskan waktu biaya dan energi.
Menurut Emaar properties 'Indonesia adalah pasar global yang ke enam belas dan pembangunan di Lombok akan memperluas skala properti portofolio diwilayah Asia Tenggara. 'Lombok project juga menandai konsolidasi dari pengembangan proyek properti kami dengan mewujudkan pembangunan kelas dunia untuk memunculkan pasar dengan potensial pertumbuhan yang tinggi.
Menurut Emaar properties, Lombok adalah salah satu tempat wisata yang paling menjanjikan di Indonesia dan memiliki potensi untuk menjadi magnet untuk wisatawan dunia dan berterima kasih kepada pemerintah Indonesia atas kepercayaan untuk mendukung inisiatif pengembangan yang akan membantu posisi Lombok dengan Bali sebagai tempat tujuan wisata kelas dunia.
Proyek Emaar Lombok dibangun di pantai indah Mandalika dan akan dibuat menjadi pembangunan ramah lingkungan yang terintegrasi dengan elemen alami menjadi zona residensial, liburan dan keramahtamahan. 'Ukuran ramah lingkungan akan diadaptasi untuk Lombok project agar memberikan para penghuninya untuk menikmati keuntungan hidup berdampingan dengan alam,' kata Mr.Alabbar. 'Untuk fasilitas liburan akan disediakan tempat-tempat untuk menyelam, mendaki dan olahraga selancar, yang mana Lombok telah dikenal dan diakui dunia.
'Lombok memiliki sejarah yang panjang dalam menyambut wisatawan dari seluruh dunia, dan pariwisata adalah sumber pendapatan terbesar dipulai ini,' kata Mr.Syahrial.'Proyek Resort dan Residensial Emaar akan melengkapi tujuan kami dalam pengembangan Lombok lebih jauh lagi
Proyek Emaar Lombok akan memiliki 7 km depan pantai alami, yang mana akan mendukung pembuatan pelabuhan, terpisah dari residensial mewah dan resort dengan keramahan bintang lima. Emaar telah memulai proses pencarian merk resort dan hotel bintang lima berkelas internasional untuk menjadi bagian dari pembangunan ini, yang mana juga akan memiliki tempat golf dan perbelanjaan. Perumahannya akan dibuat design tropis dan arsitektur yang disesuaikan dengan keadaan sekitar.
Ekspansi global dari Emaar untuk memperbaharui dan memunculkan pasar tersebut sejalan dengan visinya untuk tahun 2010 untuk menjadi salah satu perusahaan paling bernilai didunia yang menembus ekspansi geograpikal dan segmen bisnis. Emaar juga telah memiliki dasar yang kuat di Asia Tenggara, dimana mereka telah membuka untuk pertama kalinya Emaar - Raffles International School di Singapura, yang juga akan menandai diversifikasi perusahaan pada jalur pendidikan
Emaar, saat ini, memiliki porto folio pengembangan diluar negeri lebih dari AED 220 miliar (US$60 miliar) dan memiliki andil dalam memunculkan pasar didaerah Timur Tengah dan Afrika Utara, Daratan Hindia, Amerika dan Eropa. Di Dubai, tempat asalnya, Emaar telah membangun Burj Dubai, dalam pengembangannya menjadi menara tertinggi didunia, dan The Dubai Mall, salah satu tempat perbelanjaan dan hiburan terbesar diduni dan salah satu yang harus disadari disini bahawa pemerintah selalu memberikan kesempatan pihak luar untuk menanam modal yang akan memberi kesempatan bagi mereka untuk menikmati hasil potensi SDA negaeri rercinta republik indonesia. Dalam penyelesaian proyek ini memperjakan tenaga ahli yang didatangkan dari luar sedangkan masyrakat pribumi hanya menjadi buruh dan kuli. Pemerintah telah menyediakan fasilitas untuk penduduk setempat untuk meningkatkat skill mereka agar ketika Bandara Inter nasional Lombok Baru tersebut telah selesai mereka dapat bekerja disana, akan tetapi pemerintah daerah memprioritaskan pada kepada pekerjaan sebagai scuerity. Inilah usaha yang dilakukan oleh pemerintah yang sangat dangkal dan tidak layak dilakukan terhadap masyrakat setempat. Karena bagaimanapun juga masyarakat juga mempunyai potensi untuk bekerja sebagai tenaga ahli, apakah pemerintah tidak tahu banyaknya sarjana informatika, mesin dan geologi dan banyaknya sarjana yang hanya menjadi tukang benkel, ojek dan mangkal dipinggir jalan? Mau dikemanakan sumber daya manusia yang begitu banyak dan kualitasnya tidak kalah dengan negara negara-negara maju lainnya. Pada awal pembangunan bandara internasional memiliki masalah dalam pemakaian sumber daya manusia karna pemerintah lebih mempercayakan proyek ini terhadap pihak luar dari pada penduduk pulau lombok tersebut dan menurut informasi yang telah ada bahwa telah terjadi permainan uang dalam proyek tersebu, dikarenakan setiap yang ingin dapat bekerja disana harus memberikan sogokan kepada seorang pengelola sehingga orang luar yang memiliki uang banyaklah yang banyak terjun untuk mengelola proyek tersebut. Pada tahun 2007 para pengelola proyek pembangunan bandara internasinal lombok baru mendapat teguran oleh pemilik modal karena dikerjakan oleh ahli yang tidak mereka percayakan sehingga hasilnya pun mereka rasa kurang memuaskan.

Gambar diatas memperlihatkkan area yang diatasnya akan dibangun Bandara Internasional Lombok yang pembangunannya telah diresmikan oleh wakil presiden Yusuf Kalla. Pembangunan ini telah selesai pada tahap pembangunan landasan pacu dan irigasi seperti yang akan diperlihatkan pada gambar dibawah ini.

Gambar diatas menunjukan bagaimana Bandara Internasional Lombok Baru dibangun dan pencapaian hasil pembangunan sampai dengan tahun 2008.
4. Analisis dampak lingkungan
a. Dampak ekonomi
\Dari awal pembangunan Bandara Internasinal Lombok Baru telah memberikan tambahan pendapatan bagi warga sekitar daerah tempat dibangunnya bandara tersebut dimana para warga membuka warung kopi dan nasi disana. Bayak para pekerja yang menyempatkan untuk beristirahat disana untuk berteduh disana sambil menikmati secangkir kopi dan es kelapa muda karna Lombok bagian selatan bercuaca cukup panas sehingga para pedagang mendapatkan pendapatan tiap harinya cukup memuaskan. Dari pajak tanah dan bangunan pemerintah mendapatkan cukup bagi pendapatan daerah tetapi kita semua pernah mendengar Hadist Riwayat Muslim bahwa rasullullah pernah bersabda : Tidak akan masuk surga orang yang memungut pajak. Dan begitu juga pemerintah pusat juga melakukan hal yang sama seperti pemerintah daerah. Dibalik itu semua yang akan mendapat keuntungan yang sangat besar adalah investor asing yang menanamkan modalnya pada pembangunan bandara tersebut dan hal ini sama persis yang terjadi pada pertambangan emas New Mont, Irian jaya, Kalimantan dan Sumatra. Apakah kita merasa cukup dipuaskan dari hasil penjualan kopi, nasi dan bekerja menjadi buruh disana.? Masihkah kita menganut sistem ekonomi kapitalis?
b. Dampak sosial
Dari awal telah dijelaskan pada awal Pembangunan Bandara Internasinal Lombok Baru telah timbul konflik lantaran harga tanah yang mareka rasa tidak pantas, dan masalah sogok menyogok para pengelola proyek. Semua yang terjadi baru awal munculnya sifat social yang baru, dikarenaka banyak orang-orang sekuler yang akan berdatangan dari seluruh dunia ditambah lagi sistem indonesi adalah Negara neo liberal maka tidak menutup kemungkinan penduduk Lombok akan menjadi orang-orang yang individual yang tidak mau peduli dengan lingkungan dan orang disekitarnya dikarenakan sifat untuk mendapatkan sesuatu bagaimanapun cara, tidak peduli haram atau halal yang segala keinginannya tercapai akan dilakukan telah tertanam pada diri masing-masing orang waulaupun mereka mendapat sesuatu yang positf seperti dapat belajar banyak bagaimna orang dari negara lain hidup dan sukses. Hal negative yang akan terjadi tadi jauh lebih berbahaya daripada hal positif yang terlihat. Hal itu semua di karenakan jauhnya penduduk dari agama Allah, tidak ditegakkannya syariah islamiyah dan Indonesia menerapkan sistem pemerintahan sekuler ( memisahkan agama dari kehidupan ) termasuk sistem Demokrasi ( kedaulatan di tangan rakyat ) padahal Allah yang memiliki kedaulatan di dunia ini.

c. Ekologi
Bandara Internasional Lombok dibangun diatas lahan pertanian yang didekatnya terdapat sebuah gunung bernama gunung Bikan Pait. Gunung Bikan Pait ini merupakan habitat dari berbagai spesies ular, burung, dan musang. Akibat pembangunan bandara tersebut maka gunung bikan pait tersebut diratakan sehingga para pekerja proyek banyak menemukan ular, dan burung yang mati. Kerusakan ini merupakan awal dari kerusakan lingkungan selanjutnya. Pembangunan Bandara Internasinal Lombok Baru merupakan awal dari pembangunan besar-besaran oleh pemerintah, seperti pelabuhan di dekat pantai An yang merupakan kawasan dari desa tawun tang telah merusak terumbu karang, pertambangan emas yang juga akan meratakan banyak gunung sehingga merusak habitat dari flora dan fauna dan membunuhnya dan banyak lagi seperti yang telah di contohkan New Mont Sumbawa, Sumatra, dan Kalimantan. Walaupun itu semua sering terjadi namun pemerintah tidak pernah jera. Itu semua disebabkan karena kerakusan mereka akan uang dan pihak asing memanfaatkan itu semua dengan menyuap mereka dengan uang. Pemeritah selalu menjanjikan akan membuat tempat penangkaran tetapi semua itu sebagian kecil dari yang mereka rusak dan mereka perjual belikan. Masihkah kita mempercayai mereka.
d. Dampak pendidikan
Seperti yang telah dijelaskan diatas, untuk dapat bekerja di Bandara Internasional Lombok Baru diperlukan skill yang bagus sehingga pemerintah dan penduduk daerah setempat harus meningkatkan mutu pendidikan. Tidak hanya untuk bekerja dibandara saja skill dan pendidikan yang baik juga diperlukan sebagai antisipasi banyak pembangunan lahan pekejaan yang banyak memerlukan tenaga ahli yang termpil untuk kemajuan negeri tercita Indonesia dan demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

e. Kebudayaan
Arus transportasi yang tinggi dengan teknologi yang mutakhir menjamin untuk mendatang orang-orang dari segala penjuru dunia dengan membawa kudayaan yang berbeda-beda dari setiap wilayah sangat memungkinkan terjadinya pertukaran budaya dan ini kebudayaan dapat merubah cara pandang setiap orang dalam menjalani kehidupan. Seperti kebuyaan barat yang identik dengan kebebasan maka masyarakatnya bertingkah laku secara bebas sebagai contoh cara berpakaian yang bebas tanpa memendang aurat, bergaul secara bebas sehingga banyak yang berzina, pesta seks, obat-obatan, dan keadaan ini telah terbukti di pulai dewata yang para remaja telah berhubungan suami istri di luar nikah yang menyebabkan meningkatnya tindakan aborsi. Hal semacam ini juga telah terjadi di pulau seribu masjid dimana mulai saat ini telah terlihat penampilan para remaja yang bepakaian tanpa batasan tertentu, adapula yang menggunakan kerudung atau jilbab tetapi aurat masih dipertontonkan dikarenakan mereka semua telah kehilangan rasa malu. Disinalah perlunya diubah persepsi setiap orang terhadap mana kebudayaan yang baik dan buruk. Solusi dari semua adalah dipakainya kembali kebudayaan yang sesuai dengan Syariah Islamiah dengan cara di tegakkan Syariah Islamiah.
f. Politik
Dalam masalah politik yang terjadi dalam pembangunan Bandara Internasional Lombok Baru tersebut adalah dimana para pemerintah yang bertanggung jawab terhadap proyek tersebut hanya menguntungkan satu pihak, instansi dan kepentingan mereka sendiri seperti yang kita lihat dalam pembuatan undang-undang yang hanya menguntungka orang-orang atau pihak-pihak tertentu.

5. Solusi permasalahan
Seperti yang telah dibahas diatas bahwa yang menyebabkan kerugian yang sangat parah dari segala bidang disebabkan Indonesia menerapkan sistem Sekuler dan Sistem demokrasi dimana suara mayoritaslah yang akan didengar pada parlemen sehingga di buatlah perundangan yang hanya menguntungkan orang-orang tertentu tanpa mau memperhatikan orang-orang dibawahnya seperti yang telah terjadi sebelumnya. Indonesia juga masih menerapkan sistem ekonomi kapitalis yang sangat merugikan orang-orang yang taraf hidupnya rendah begitu juga dengan liberalisasi yang terus saja dianut Negara Indonesi. Karna Bandara Internasional Lombok Baru berstandar internasional maka prinsip perubahannya ada pada suatu tata kenegaraan yang ada.



BAB III
Penutup
1. Kesimpulan
Bandara Internasional Lombok Baru sangat menjanjikan akan perubahan penduduk Lombok dari membaiknya beberapa masalah seperti
a. Masalah ekonomi
ekonomi setiap penduduk karna pendapat yang mencukupi karna tersedinya banyak pekerjaan dan meningkatnya kualitas hidup manusia
b. Masalah kebudayaan
perubahan kebudayaan yang akan terjadi yang perlu di antisipai adalah dampak negativenya dari sekarang agar terjadi keseimbangan hidup dan tumbuhnya generasi yang berkualitas dan mengambil kebudayaan yang baik sesuai Syariah Islamiah.
c. Masalah Ekologi
Ekologi perlunya adanya perlindungan terhadap habitat fauna dan flora agar tercipta keseimbangan ekosistem juga untuk menghindari kelangkaan Flora dan Fauna yang ada.
d. Masalah pendidikan
.Untuk menghasilkan penduduk yang intelektual dan mengerti terhadap pentingnya keseimbangan Ekosistem maka mutu pendidikan harus di tingkatkan dan menuntut ilmu itu wajib bagi setiap penduduk sehingga bangsa kita tidak lagi menjadi bangsa yang terjajah, terbelakang dan menjadi bangsa yang terhormat.
e. Masalah politik
Politik Indonesia harus menjadi polotik yang jujur, bersih sesuai dengan tuntunan nabi Muhammad Saw yang tidak memperjualkan kekayaan negara yang merupakan hak setiap penduduk di setiap wilayah Indonesia dengan cara menegakkan Syariah Islamiah dalam pemerintahan Negara Republik Indonesia.
2. Saran
Terhadap pemerintah daerah harus menanggapi secara serius tentang masalah ini karna merupakan masalah penduduk yang besar. Jadi yang penting disini adalah digantinya sistem pemerintahan yang mengatur setiap kegiatan penduduk tersebut agar terjadi keseimbangan dalam setiap sisi kehidupan. Solusi dari setiap masalah diatas adalah ditegakkannya Syariah Islamiah.

Tidak ada komentar: